TIPS PERAWATAN TRUCK

 


Urusan perawatan pada truck bermesin diesel teknologi tinggi beda dengan mesin diesel konvensional. Banyak hal yang harus diperhatikan, agar biaya operasional tidak membengkak pada ujungnya usaha jadi  bangkrut.

Guna menekan biaya operasional dan usaha tetap untung besar, berikut beberapa langkah yang harus benar-benar diperhatikan:

  • Panaskan mesin 5 menit sebelum truck dijalankan. Ini berfungsi memberikan pelumasan maksimal ke seluruh bagian mesin. Utamanya Turbocharger, ingat turbo putaran tinggi butuh pelumas yang memadahi.
  • Gunakan Oli mesin yang direkomendasikan ATPM. Mesin yang sudah dilengkapi turbocharger berbeda dengan mesin diesel konvensional.
  • Hindari mematikan mesin secara instan, tunggu waktu 10 – 15 menit setelah berhenti. Kecuali mesin sudah terpasang  include Turbo Timer. Truck include Turbo Timer akan menyesuaikan dengan sendirinya, meskipun kunci kontak mati, namun mesin masih tetap hidup sampai temperatur mesin mencapai normal.
  • Ganti filter solar secara rutin. Dengan mengganti filter solar secara rutin, maka ini dapat meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam mesin diesel anda.
  • Bersihkan filter udara dan ganti jika  perlu atau sesuai aturan ATPM, jika filter udara tersumbat oleh kotoran, aliran udara yang masuk akan terhambat. Gejala yang ditimbulkan adalah tenaga mesin tidak responsif dan asap knalpot hitam.ini juga biangnya solar jadi boros.
  • Wajib gunakan solar berkualitas atau solar bersulfur rendah. Terlebih mesin Common Rail System  wajib hukumnya pakai solar sulfur rendah. Akibat dari penggunaan solar kadar sulfurnya tinggi (5000 ppm), disamping boros ( karena hasil pembakaran tidak sempurna atau kadar emisi tinggi) ini dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran common rail tersebut. Jika ini terjadi, mesin diesel dapat mati seketika,biasanya diawali dengan mesin tersendat. Untuk beberapa truck yang sudah dilengkapi dengan sensor solar, mesin akan mati dan tidak bisa dihidupkan jika kondisi solar dalam primary filter tidak bagus ataupun kotor.
  • Mesin truck berteknologi tinggi adalah dirancang untuk mengedepankan effective dan effesien khususnya dalam hal perawatan dan pemakaian solar. Sudah barang tentu solar yang dipergunakan harus solar sulfur rendah. Contoh : Solardex 350ppm, Solarsheel 550ppm dan sejenisnya. Bukan isi solar dengan kandungan sulfur yang selama ini ada dipasaran – berkisar 5000ppm. Kalau pakai solar kualitas rendah yang terjadi adalah sebaliknya.

 

Solar pada kandungan sulfur tinggi,  sebut saja merk solardex atau solarsheel harganya selangit, berikisar Rp. 12.000,- perliter. Itupun pada daerah pelosok jarang kita jumpai.

Comments