TIPS PERAWATAN CAT MOBIL

Tak sulit, kok, merawat cat mobil agar tetap mengilat dan bebas lecet. Intip tipsnya.

Cat mobil rusak atau lecet akibat salah penanganan atau akibat kecelakaan lalu lintas merupakan kasus yang kerap terjadi pada mobil. “Lecet, dari yang ringan sampai berat, bisa terjadi akibat salah penanganan dan penyimpanan. Juga karena kelalaian pengendara lain. Akibat senggolan, misalnya,” ujarnya.

Lecet ringan adalah lecet pada permukaan cat, tidak sampai ke lapisan dalam cat. Untuk mengatasinya cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri dengan produk perawatan cat yang banyak dijual di toko aksesori. “Agar hasilnya memuaskan, sebaiknya lakukan pemolesan juga. Bahan-bahan dalam proses pemolesan bisa menghilangkan lecet-lecet ringan. Pemolesan juga mengilapkan sekaligus melindungi cat,” bebernya.

Namun, jika lecet yang terjadi cukup dalam hingga ke lapisan dasar cat, bahkan hingga ke logamnya, perlu perbaikan yang tidak bisa dibilang ringan. Ada beberapa tahapan untuk menghilangkan lecet berat, seperti dijelaskan Sardjidi:

1.      Bersihkan daerah yang lecet berat menggunakan campuran air dan deterjen seperti sabun colek.

2.       Amplas basah bagian yang rusak. Gunakan amplas dengan grit tinggi, mulai 1500 sampai 3000. Amplas dengan grit tinggi dan dalam kondisi basah tidak menimbulkan kerusakan di bagian lain. Celupkan amplas ke dalam air jika amplas sudah kering.

3.       Setelah diamplas basah dan dikeringkan, oleskan dempul untuk meratakan bagian yang lecet. Biarkan hingga kering, lalu amplas basah bagian tersebut untuk menjaga bodi mobil tetap halus. Keringkan.

4.       Semprotkan cat, disusul pernis di daerah tersebut, kemudian kembali lakukan pengamplasan basah. Pastikan menggunakan cat berwarna sama agar tidak terlalu terlihat perbedaan warna pada daerah yang diperbaiki.

5.      Gunakan rubbing  compound , disusul cairan wax . Usap merata dengan rubbing  pad  dan bahan microfiber  hingga cat kembali mengilat.

6.      Agar hasilnya sempurna, proses pendempulan, pengecatan, dan waxing  memakan waktu cukup lama. Bengkel perbaikan bodi atau cat mobil memiliki mesin khusus untuk mempercepat proses tersebut.

Mencegah Lebih Baik

Selain mencuci mobil secara teratur, tips di bawah bisa dilakukan untuk melindungi cat mobil.

1.      Parkir mobil di tempat beratap agar mobil terhindar dari panas matahari atau hujan yang secara terus menerus dapat merusak cat.

2.       Hindari memarkir mobil di bawah pohon. Kotoran burung, buah, dan getah tanaman dapat merusak cat mobil.

3.      Jangan mengunakan deterjen atau sejenisnya untuk mencuci mobil, karena akan membuat cat mobil rusak, lecet, dan kusam.

4.       Untuk menjaga kondisi cat, lakukan pemolesan mobil minimal dua kali setahun.

5.       Jangan lupa, asuransikan kendaraan bermotor agar biaya perawatan mobil kesayangan dicover oleh pihak ketiga.



Comments